Rabu, 29 Juni 2011

Warga Diminta Waspadai ISPA

JAKARTA, M86 - Sudin Kesehatan Jakarta Barat meminta warganya untuk selalu menjalankan pola hidup bersih dan sehat terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terlebih, saat ini tengah memasuki siklus peralihan dari musim hujan ke musim kemarau yang dinilai rawan akan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) seperti, rhinitis, sinusitis, faringitis, tonsillitis hingga laringitis.

Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Barat, Parwathi Mayun mengtakan, umumnya gejala ISPA dapat berupa, demam, batuk, pilek, bersin-bersin, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri disekitar mata, kesulitan menelan dan nafsu makan yang berkurang.

Diungkapkan Parwathi, ciri dari seorang yang terjangkit ISPA biasanya dimulai dengan gejala batuk kering sampai batuk berdahak, suara serak, demam, hidung tersumbat, lemas, letih, radang tenggorokan disertai nyeri di sekitar leher. Sedangkan pola penyeberan virus yang dapat menyebabkan ISPA melalui hidung, mulut dan dituarkan saat si penderita batuk atau bersin.

“Bila terkena ISPA dan tidak segera diobati, biasanya akan terjadi komplikasi yang bisa terjadi infeksi yang dapat menyebar pada seluruh sistem tubuh, radang di sekitar amandel, infeksi telinga dan infeksi sinus pada rongga hidung,” ujar Parwathi.

Untuk jumlah penderita ISPA sejak Januari hingga akhir Juni ini, berdasarkan data di seluruh puskesmas kecamatan di Jakarta Barat, dikatakan Parwathi terdapat sebanyak 33.368 kasus. Lalu, disusul penyakit otot dan jaringan seperti pegal-pegal dan asam urat sebanyak 7.524, hipertensi sebanyak 6.466, diare 4.486, dan penyakit kulit atau alergi sebanyak 4.349 kasus.

“Jika masyarakat mulai merasakan terjangkit penyakit seperti dijelaskan tadi, sebaiknya segera berobat ke puskesmas-puskesmas terdekat. Untuk mencegah terjangkit ISPA, sebaiknya kurangi makanan yang berminyak dan makanlah makanan sehat yang bergizi,” kata Parwathi.

Dia juga menambahkan, agar masyarakat selalu dapat menerapkan pola hidup sehat dan bersih seperti, mencuci tangan dan menghindari kontak langsung dengan orang yang menderita batuk pilek serta menjaga kebersihan tubuhnya. (dya)

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails