Rabu, 25 Mei 2011

Memalukan Calon Abnon Tidak Hafal Pancasila

JAKARTA, M86 - Ratusan peserta pemilihan abang dan none (abnon) tingkat kota administrasi Jakarta Barat dinyatakan gugur dalam seleksi tahap pertama. Dari 203 peserta yang mendaftar untuk mengikuti seleksi, 50 persen di antaranya dinyatakan gugur karena minimnya wawasan kebangsaan dan pengetahuan umum. Yang lebih memprihatinkan lagi, ada para calon abnon yang tidak hafal sila-sila dalam Pancasila.

Hal itu diungkapkan Rengga Krianto, abang Jakarta Barat 2010, yang menjadi panitia seleksi Abang None (Abnon) Jakarta Barat 2011. Ia menuturkan, banyaknya calon abnon yang gugur terjadi saat seleksi awal, di mana panitia mengujikan tes pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, serta profil tokoh. Dengan tes yang menguji kecepatan dan ketepatan berpikir itu, diakuinya cukup mengecewakan.

“Banyak yang gugur saat tes pengetahuan umum digulirkan. Ironisnya, jika pertanyaannya mengenai kehidupan selebritis, para peserta umumnya dapat menjawab dengan cepat dan tepat,” ujar Rengga.

Saat ini, dikatakan Rengga, dari seleksi I yang dilakukan, tersisa sebanyak 65 peserta. Rinciannya, 25 peserta abang dan 40 peserta none. Dalam seleksi selanjutnya, sambungnya, untuk peserta abang akan gugur sebanyak 5 orang dan 20 orang untuk peserta none. “Nantinya kami akan menetapkan sebanyak 15 pasang dari Jakarta Barat untuk disertakan dalam final abnon yang diselenggarakan 10 Juni nanti,” katanya.

Kepala Sudin Pariwisata Jakarta Barat, Arie Fatah mengungkapkan, tes pengetahuan umum dan wawasan kebangsaan serta wajib hafal lagu Indonesia Raya serta butir Pancasila ditujukan menumbuhkan dan menanamkan rasa nasionalisme. “Abnon terpilih merupakan generasi muda yang diharapkan dapat mengemban tugasnya sebagai duta pariwisata dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Kami berharap, Abnon dari Jakarta Barat akan keluar sebagai pemenang Abnon DKI Jakarta,” tandasnya. (jek)

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails